Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Cara Mengikuti Lomba Design logo Di 99design.com

    Inilah tahap yang paling menggairahkan,yaitu bagaimana kita akan memulai untuk mengikuti kontes logo. Disini kita akan  menempuh suatu proses yang tidak hanya akan mengasah keahlian kita, tapi juga mental kita. Kita akan berharap-harap cemas melihat entri yang masuk, semuanya indah, semuanya bagus. Bagaimana kita akan membuat karya yang lebih baik? Lebih cerdas?
    Dalam bab ini saya akan memberikan langkah-langkah  untuk mengikuti kontes logo di 99designs. Ingat, langkah-langkah yang saya berikan adalah langkah-langkah yang umum saja. Tapi bukan berarti anda tidak boleh mempunyai langkah-langkah lain. Anda boleh berkreasi dengan jalan anda sendiri, tidak ada aturan baku dalam desain, semuanya hanya prinsip, prinsip dan prinsip.Langkah-langkah ini bukan jaminan anda untuk menang, tetapi jika anda mengikuti langkah-langkah ini, kualitas desain anda akan meningkat dari waktu ke waktu.

    MENEMUKAN KONTES LOGO YANG TEPAT

    Untuk menemukan kontes yang tepat, silahkan anda login dulu. Setelah login anda akan dibawa ke halaman My contest. Disini akan berisi kontes-kontes yang pernah anda ikuti, jika anda baru maka halaman ini masih kosong. Silahkan klik di menu contest dan pilih browse contest
    lomba logo
    Setelah meng-klik browse contest, anda akan dibawa ke halaman kontes-kontes yang sedang berlangsung. Disitu anda bisa melihat berapa kontes yang ada, berapa hadiah masing-masing kontes, berapa entri yang sudah masuk dan berapa sisa waktu yang masih ada.
    8
    Selain itu, di panel sebelah kanan anda dapat melihat kategori kontes dan filter pencarian. Misalnya anda sedang ingin mencari kontes yang berhubungan dengan fitness, maka di kotak keywords ketik saja “fitness” lalu klik search. Masih banyak opsi lain misalnya batas waktu kontes, hadiah minimal, dan status kontes.
    Silahkan anda berkreasi disini untuk melakukan langkah pertama yaitu, menemukan kontes yang tepat sesuai dengan diri anda.

    MEMBACA BRIEF

    Berikut akan saya berikan cara membaca brief:
    • Pertama-tama klik kontes yang anda minati
      9
    • Kemudian akan muncul isi kontes, biasanya anda akan langsung dibawa ke display entri yang sudah masuk
      10
    • Klik design brief
      11
    • Anda akan mendapatkan tampilan seperti ini:
      12
    Name to incorporated in the logo: Nama Perusahaan yang akan dituliskan ke dalam logo. Haruslah ditulis dengan jelas dengan font berukuran paling besar.
    Slogan  to incorporated in the logo: slogan biasanya ditulis dalam logo dengan font yang lebih kecil dan tidak menonjol tetapi tetap terlihat jelas.
    Description of the organization and its target audiencemo: ini berisi tentang perusahaan/organisasi dan target konsumennya. Perhatikan ini perusahaan apa dan karakteristiknya bagaimana tiap organisasi mempunyai tipe sendiri-sendiri. Misalnya badan hukum tidak cocok dengan logo yang seperti kartun atau warna-warni.Kesannya tidak professional.Sebaliknya logo yang ditujukan anak-anak tidak boleh terlalu serius. Sebaiknya ceria.
    Industri:  Biasanya industri-industri tertentu mempunyai karakteristik logo. Walaupun semua ini tidak mengikat tetapi ini juga penting untuk diperhatikan.
    13
    Prefered logo types menunjukkan tipe logo yang bagaimana yang diinginkan: apakah text saja, ataukah ada logo tersendiri yang merupakan bagian terpisah dari text atau logo yang diinginkan merupakan tren sekarang.
    14
    Sample logo: biasanya berisi contoh-contoh logo yang menarik dan diinginkan si CH
    Values to communicate:
    • Feminine-Masculine: ini berkaitan dengan gender logo. Logo masculine mempunyai sifat jantan, biasanya bersudut, atau tajam, keras, tebal. Sedangkan logo feminine lebih halus, lembut.
      feminine vs masculine logo
    • Young-Mature: Logo yang muda biasanya cerah, bentuknya sangat modern, memberikan kesan berenergi dan baru. Sedangkan logo yang mature lebih dewasa, bentuknya tidak aneh, menggunakan warna-warna earth tone walaupun tidak selalu juga.
      post2
    • Luxury-economical: berarti logo yang diinginkan berkesan mewah atau murahan. Logo luxury biasanya berkilat-kilat, dan ada sebagian yang berwarna emas atau perak. Logo economical biasanya untuk kalangan bawah. Tidak mewah.
    • Modern-Classic: Slider menunjukkan keinginan CH apakah menginginkan logo yang modern atau yang classic. Logo classic biasanya berbentuk retro/vintage. Silahkan cari di google dengan kata kunci classic logo untuk melihat logo jenis-jenis ini.
    • Playful-Serious: Logo yang playful mempunyai kesan main-main, mungkin ada unsure humornya. Sebaliknya logo yang serious seperti karakteristik logo pengacara atau badan hukum haruslah memberikan kesan serius, tidak main-main.
    • Loud-Quiet: Logo yang loud itu berarti heboh, sedangkan yang quiet itu tidak menonjol. Sepi,..biasa-biasa saja.
    • Simple-Complex: Mau logo yang sederhana atau yang kompleks?
    • Subtle-Obvious: subtle berarti halus, tersamar, sedangkan obvious berarti jelas, terbuka.
    15
    Color Preference: warna yang ingin digunakan
    Tobe used on: tentang penggunaan logo. Hal ini penting: logo yang hanya digunakan untuk media elektronik saja tidak akan masalah jika menggunakan satu atau banyak warna dan gradient. Tetapi untuk keperluan cetak, sebaiknya gradient atau warna yang sangat banyak dihindari.Ini untuk mempermurah ongkos cetak.
    Notes: catatan dari sang CH
    File attached: file yang disertakan CH untuk menjadi bahan riset.

    No comments

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728