Header Ads

ad728
  • Breaking News

    MAHLUK LEGENDA DUNIA YANG BISA BERUBAH BENTUK


    Banyak mahluk-mahluk legenda diceritakan bisa berganti rupa, menjadi serupa binatang atau serupa manusia dan sebagai nya. Cerita tentang makhluk legenda yang bisa berganti rupa itu tidak hanya dikenal di Indonesia saja, namun di seluruh dunia rata-rata mempunyai makhluk legendanya sendiri – sendiri. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.
    1. Babi Ngepet
     
    Babi Ngepet adalah salah satu pesugihan yang terkenal di Indonesia. Saat beraksi, orang yang melakukan pesugihan itu akan berubah menjadi babi. Babi ngepet saat mencuri uang dipercaya akan menggesek-gesekan badannya ke lemari atau tembok tempat uang itu berada. Dalam menjalankan aksinya, orang tersebut tidak sendiri, ada orang lain yang bertugas menjaga lilin, bila lilinnya bergoyang-goyang, artinya yang sedang menjadi babi sedang dalam bahaya, yang bertugas menjaga lilin harus mematikan lilinnya sesegera mungkin agar orang yg berubah menjadi babi bisa menjadi manusia kembali.

    2. Kumiho
    Kumiho adalah makhluk legenda dari Korea. Kumiho digambarkan sebagai seekor rubah yang berekor sembilan. Kumiho dapat berubah wujud menjadi seorang wanita cantik yang menggoda pria atau bisa juga meniru menjadi seorang pengantin wanita, bahkan Kumiho bisa juga berubah wujud menjadi seorang pria yang kemudian akan menikahi seorang wanita agar memperoleh keturunannya.

    3. Naga
    Dalam kepercayaan Hindu, Naga kadang mampu berubah menjadi manusia. Naga digambarkan memiliki bentuk tubuh seperti ular raksasa. Menurut kepercayaan, naga kadang sangat berbahaya, namun kadang naga juga sangat dibutuhkan oleh umat manusia.

    4. Tengu
    Tengu adalah makhluk legenda dari Jepang. Tengu digambarkan dengan wujud seperti burung atau bisa juga berwujud seperti manusia. Bila tengu berwujud seperti manusia, digambarkan memiliki hidung yang panjang, dan bila berwujud seperti burung bila dia mengepakkan sayapnya, tengu bisa menimbulkan angin yang kencang.

    5. Lesovik
    Lesovik atau Leshy adalah makhluk legenda dari Eropa Timur. Lesovik adalah penjaga hutan, yang bertugas melindungi binatang –binatang dan tumbuh-tumbuhan yang berada di dalam hutan. Lesovik dapat berubah menjadi apa saja, bisa menjadi hewan, bisa juga menjadi tumbuhan ataupun pohon. Bila Lesovik berubah wujud menjadi manusia, Lesovik digambarkan mempunyai kulit yang pucat, bermata hijau dan rambutnya terbuat dari tumbuhan.

    6. Vampires
    Vampire, adalah makhluk penghisap darah. Mereka menghisap darah dari makhluk hidup lainnya untuk bertahan hidup. Vampire bisa berubah wujud menjadi kelelawar saat hendak melarikan diri. Diceritakan vampire takut akan sinar matahari, sehingga vampire menjalankan aksinya selalu pada malam hari

    7. Jorogumo
    Jorogomo adalah makhluk legenda dari Jepang. Menurut cerita Jorogumo adalah laba-laba yang bisa berubah menjadi seorang wanita penggoda yang akan menggoda laki-laki dengan permainan biwa (gitar asal Jepang) lalu kemudian memakan lelaki yang menjadi korbannya itu.

    8. Ala
    Ala adalah makhluk legenda dari daerah Bulgaria dan sekitarnya. Ala digambarkan sebagai iblis yang menyaru sebagai angin kencang, dan cuaca buruk lainnya. Ala biasanya mengambil hasil panen para petani namun ada juga yang suka memangsa anak kecil. Ala bisa berubah bentuk menjadi berbagai macam, dari ular, naga, bahkan bisa berubah seperti bentuk manusia.

    9. Werecats
    Werecats adalah kucing jadi-jadian, banyak negara yang mengenal werecats atau kucing jadi-jadian ini, di Indonesia juga ada, seperti di daerah Sumatera, terkenal dengan macan jadi-jadian.

    10. Answang
    Answang adalah makhluk legenda dari Philipina, yang digambarkan sebagai perpaduan antara vampire dan penyihir. Kebanyakan Answang ini digambarkan sebagai wanita. Answang bisa berubah bentuk, bila siang hari Answang akan berbentuk seperti manusia, bila malam hari Answang bisa menyerupai kucing, anjing, kelelawar, ular dan sebagainya. Bentuk Answang yang paling umum adalah berbentuk seperti monster dengan sayap, yang akan mengeluarkan suara yang keras bila dikepakkan.

    11. Werewolf
    Werewolf dikenal sebagai makhluk yang bisa berubah seperti serigala. Dikisahkan werewolf adalah orang yang terkena cakaran werewolf lain atau terkena kutukan. Perubahan bentuk werewolf sering dikaitkan dengan bulan purnama.

    No comments

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728